Simulasi ANBK

Simulasi ANBK SD dan MI di Kabupaten Situbondo Tahun 2022

ANBK merupakan program evaluasi pembelajaran siswa yang diselenggarakan oleh Kemendikbud dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Pelaksanaan ANBK memiliki aspek yang diuji yakni yakni Asesmen Kompetensi Minimun (AKM), Survei Karakter, dan Survei lingkungan belajar.Berdasarkan jadwal resmi Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau ANBK 2022 untuk jenjang SD/MI, hari ini adalah hari terakhir pelaksanaan Simulasi ANBK Gelombang 1 tanggal 28-29 September 2022.
Siswa kelas 5 SD/MI dapat mempelajari soal-soal ANBK 2022 AKM Numerasi dan Literasi untuk persiapan menghadapi asesmen. Pihak sekolah dan siswa kelas 5 SD/MI saat ini tengah bersiap untuk menghadapi Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau ANBK 2022.
Kemdikbud resmi mengganti UN/UNBK yakni yang biasa kita kenal sebagai Ujian Nasional menjadi ANBK. Pelaksanaan ANBK berbeda dengan UN. Pada Ujian Nasional (UN) hanya mengukur satu jenjang kelas di setiap sekolah yakni kelas 6, kelas 9 dan kelas 12 dengan capaian secara individu yang diukur dari segi pengetahuan.
Pada kegiatan simulasi, siswa dan pihak sekolah akan mempraktikan bagaimana tata cara melaksanakan ANBK, mulai dari login ke laman resmi Pusmenjar, hingga cara mengerjakan soal.
Dalam hal ini, latihan ANBK merupakan kegiatan atau persiapan yang dilakukan sebelum pelaksanaan ANBK 2022.
Kegiatan tersebut biasanya dilakukan dalam bentuk simulasi sebagai persiapan menjelang pelaksanaan ANBK 2022.
Bentuk soal dalam ANBK adalah pilihan ganda, pilihan ganda konplek dan menjodohkandan isian singkat. Dalam hal latihan simulasi anak dilatih oleh guru atau prokor cara mengerjaken cara User Name dan Pasword juga token yang setiap 15 menit sekali selalu berubah.

"Dalam pelaksanaan Simulasi ANBK yang sekolah kami lakukan (hari ini dan kemarin, 28-29 September 2022) ada beberapa kendala seperti Client eror, Listrik Padam, Server Sleep tapi alhamdulillah semua permasalahan dapat teratasi. Dan tahun ini SD Negeri I Bugeman melaksanakan ANBK secara Mandiri (Semi Daring) jadi permasalahan yang terjadi menjadi pelajaran yang berharga bagi kami tim Proktor dan Teknisi ANBK SD Negeri I Bugeman." “Tutur Pak Ihsan Mabruri”