Maulid Nabi Muhammad SAW

SD NEGERI I BUGEMAN MEMPERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD SAW
TAHUN 2022
Ratusan murid Sekolah Dasar Negeri I Bugeman menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H, di Ruang Kelas 4, Jalan Raya Kendit Desa Bugeman Kecamatan Kendit Kabupaten Situbondo, Jum’at (21/10/2022).
Hadir dalam acara tersebut, Komite Sekolah sekaligus Penceramah dalam acara tersebut yaitu KH. Nur Cholis, Plt Kepala SD Negeri I Bugeman dan juga para guru SD Negeri I Bugeman. Sebelum acara maulid diselenggarakan, sebelumnya juga di adakan lomba-lomba seperti Lomba Adzan, Lomba Tartil, Lomba Membaca Surat-surat pendek, dan juga lomba menyanyi lagu islami yang diikuti oleh siswa kelas 1 – 6 dimana sebelumnya siswa yang ikut lomba sudah diseleksi oleh guru kelas masing-masing.
Ketua Panitia Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H SD Negeri I Bugeman, Fauzi, M.Pd. menjelaskan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, merupakan tradisi umat muslim yang senantiasa diperingati dengan tujuan untuk mengingat kembali keteladanan Nabi Muhammad SAW dalam memperjuangkan dan mengangkat martabat umat manusia dari zaman jahiliyah menuju peradaban Islam yang beradab dan bermartabat.
“Untuk itu marilah kita jadikan momentum peringatan ini sebagai upaya untuk memperbarui semangat kita dalam bersikap dan bertindak untuk selalu meneladani perilaku Rosulullah SAW, serta meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari," tuturnya.
Jadi, menurut Pak Fauzi yang juga guru agama Islam SD Negeri I Bugeman, esensi dari peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sesungguhnya adalah untuk meneladani setiap pikiran, ucapan, dan tindakan Rasulallah.
Kita patut meneladani buah pikiran yang cerdas dan jernih, ucapan yang santun dan lembut, serta tindakan yang arif dan bijaksana dari Rasulullah.
Untuk itu, Pak Fauzi mengajak kaum muslimin dan muslimat, khususnya para siswa-siswi untuk senantiasa memperteguh keyakinan dan semangat untuk belajar dan kita tingkatkan terus Ukhuwah Islamiyah.
"Saya berharap agar kita semua selalu mencontoh akhlak Nabi Muhammad SAW dalam setiap gerak dan langkah kita terutama dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi kita selaku guru atau tenaga pendidik," harapnya.
Sementara itu, KH. Nur Cholis menyampaikan melalui peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW kita sebagai umat muslim harus dapat mencontoh perilaku Nabi Muhammad SAW baik dalam belajar maupun di kehidupan sehari-hari.
Karena Nabi Muhammad SAW merupakan suri tauladan bagi umat manusia, kita juga harus menjadi pribadi yang soleh sehingga antara urusan akhirat dan dunia dapat seimbang.