Rumah Belajar

PEMBELAJARAN ASYIK DAN MENYENANGKAN BERSAMA RUMAH BELAJAR

oleh : Amelia Dwi Puji Istiyana, M.Pd

Pembelajaran di era digital ini menuntut para guru untuk selalu mengikuti perkembangan teknologi agar pembelajaran yang disampaikan di kelas lebih mudah dipahami dan diterima serta diakses oleh siswa.. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah merubah gaya hidup manusia, baik dalam bekerja, bersosialisasi, bermain, maupun belajar. Perkembangan teknologi yang semakin pesat ini, menuntut pembelajaran yang mampu mempersiapkan siswa agar memiliki keterampilan yang dituntut pada masa mendatang. Oleh karena itu, untuk mencapai tujuan tersebut perlu adanya perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas dari pembelajaran konvensional menuju pembelajaran yang interaktif, inovatif, dan menyenangkan.
Kecakapan dan kreativitas guru merupakan tolak ukur untuk menciptakan pembelajaran yang mampu mencapai semua tujuan tersebut. Penguasaan terhadap informasi teknologi (IT) dalam pembelajaran, sangatlah penting. Seorang guru dituntut menyajikan pembelajaran berbasis IT yang asyik dan menyenangkan sehingga mampu membantu siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Salah satunya yaitu dengan menerapkan pembelajaran yang asyik dan menyenangkan dengan Rumah Belajar.
Portal rumah belajar dikembangkan oleh Pustekom, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sejak tahun 2011 dengan menawarkan fitur-fitur yang menarik di dalamnya, meliputi sumber belajar, kelas maya, laboratorium maya, bank soal, modul digital, peta budaya, wahana jelajah angkasa, dan masih banyak ftur-fitur lainnya. Salah satu contoh penerapan pembelajaran yang asyik dan menyenangkan dalam mata pelajaran IPA kelas VIII sub pokok bahasan cermin cekung yaitu dengan memanfaatkan fitur sumber belajar. Guru meminta siswa membuka fitur sumber belajar pada perangkat PC masing-masing, kemudian guru meminta siswa memperhatikan animasi jalannya sinar pada cermin cekung yang terdapat pada fitur sumber belajar. Di akhir pembelajaran, guru meminta siswa mengerjakan latihan soal yang terdapat pada fitur sumber belajar.
Pembelajaran yang asyik dan menyenangkan dengan Rumah Belajar ini perlu diketuktularkan kepada seluruh guru, siswa dan orang tua agar lebih mengenal dan mudah menggunakan Rumah Belajar. Oleh karena itu, penulis mengadakan sosialisasi pembelajaran yang asyik dan menyenangkan dengan rumah belajar. Langkah pertama, melakukan sosialiasai pada teman sejawat di SMPN 2 Kendit pada tanggal 7 Agustus 2019. Rekan-rekan guru belum ada yang mengenal rumah belajar sebelumnya. Antusiasme rekan-rekan guru SMPN 2 Kendit terhadap Rumah Belajar terasa sekali ketika dipaparkan mengenai fitur-fitur rumah belajar yang beragam dan memiliki manfaat yang sangat banyak membantu dalam pembelajaran maupun karir guru agar lebih profesional.
Sosialisasi berlanjut pada keesokan harinya, 8 Agustus 2019 dengan menerapkan pembelajaran asyik dan menyenangkan dengan rumah belajar pada siswa kelas VII A SMPN 2 Kendit. Pembelajaran ini berlangsung di ruang laboratorium komputer SMPN 2 Kendit. Siswa semakin tertarik dengan sumber belajar yang ada di PC mereka masing-masing.
Penulis semakin bersemangat untuk menyebarkan informasi tentag rumah belajar ke sekolah-sekolah terdekat di kecamatan Kendit. Pada tanggal 9 Agustus 2019, penulis telah mendarat di SDN I Bugeman pada puku 08.30 WIB disambut dengan ramah oleh teman-teman guru dan siswa yang hadir di ruangan tersebut. Siangnya, sekitar pukul 10.00 WIB sosialisasi dilanjutkan di SDN 2 Bugeman yang dihadiri oleh rekan-rekan guru dan siswa kelas 4-6. Penulis juga membantu para teman-teman guru yang mengalami kesulitan dalam menginstal portal rumah belajar maupun cara menggunakan aplikasi rumah belajar melalui Android. Tidak hanya berhenti sampai di sini, perjuangan penulis untuk mengenalkan pembelajaran yang asyik dan menyenangkan dengan rumah belajar terus berlajut ke sekolah-sekolah lainnya dan tetangga terdekat di lingkungan tempat tinggal penulis. Dengan penuh harapan, penulis menginginkan semua lapisan masyarakat mengenal dan mampu menggunakan rumah belajar dalam menciptakan pembelajaran yang asyik dan menyenangkan demi tercapainya tujuan pendidikan masa depan.