Vaksinasi pada Siswa SD untuk Persiapan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT)

Vaksinasi pada siswa SD persiapan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT)

Salah satu upaya pemerintah mengurangi learning loss pada peserta didik akibat pandemi Covid-19 adalah dengan melakukan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas {PTMT). Tentu saja pelaksanaaan PTMT dilakukan berdasarkan SKB 4 menteri dan memenuhi daftar periksa. PTMT boleh dilakukan bagi daerah zona aman pemaparan Covid-19 serta guru sudah melakukan vaksinasi.

Pemerintah sangat fokus dengan ini. Apalagi saat penyebaran virus Covid-19 semakin massif dan mudah menyerang anak-anak. Hak anak tetap harus diberikan. Namun tetap mengutamakan kesehatan dan keselamatan anak. Oleh karena itu, pemberian vaksin tidak hanya diberlakukan untuk Pendidik dan Tenaga Pendidir, namun juga harus diberikan bagi peserta didik.

 

Untuk mendukung proses Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) di sekolah, SDN 1 Bugeman Kec. Kendit  Kab. Situbondo bersama Puskesmas Kendit melaksanakan program vaksinasi bagi anak-anak usia 6-11 tahun. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 3 Februari 2022 di SDN 1 Bugeman.

Pelaksanaan vaksinasi yang dimulai sejak pukul 08.00 Wib ini, dihadiri oleh orang tua siswa yang anaknya akan mendapatkan vaksinasi. Pelaksanaan vaksinasi ini tak lain untuk mencapai Herd immunity sehingga penyebaran virus dapat terkendali, proses vaksinasi anak usia 6-11 tahun, sama seperti orang dewasa, dimana siswa/i wajib melakukan Pendaftaran/Registrasi, kemudian wajib mengikuti Screening, agar para siswa/i yang akan mendapatkan vaksin tidak sedang sakit seperti batuk, pilek ataupun penyakit lainnya.

Selanjutnya Tim Nakes melakukan suntikan vaksin terhadap siswa/i tersebut setelah mendapatkan persetujuan atau dinyatakan layak untuk di vaksin, setelah itu baru observasi untuk mengetahui apakah ada efek setelah mendapatkan vaksinasi.

Terlihat para siswa antusias dengan kegiatan vaksinasi tersebut. Bahkan, dalam kegiatan ini, siswa yang sudah menerima vaksin juga mendapatkan makanan ringan dan susu yang sudah disediakan oleh pihak sekolah.