Pentas PAI (Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam)

Pentas PAI (Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam)

Pentas PAI (Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam) merupakan agenda rutin dua tahun sekali yang diselenggarakan oleh Kemenag Provinsi Jawa Timur. Merupakan wahana kompetisi dalam mengembangkan bakat dan minat siswa dari jenjang TK,SD/SDLB,SMP/SMPLB, SMA/SMALB dan SMK. Pentas Pai ini diseleksi mulai tingkat kecamatan, kabupaten sampai tingkat provinsi. Dalam seleksi tersebut saya membina siswa kelas 4 SD yaitu Aziera Jamilatul Kasmiah dalam lomba pidato PAI. Saya termotivasi memilih dia karena dia anak yang cerdas, menpunyai hafalan yang kuat,

serta mempunyai mental juara yang bagus.

Pada saat akan mengikuti seleksi Pentas Pai tingkat kecamatan, saya membuat naskah pidato yang ringan, mudah dipahami serta cocok untuk usia dia. Dari beberapa judul yang terdapat pada juknis ,  dan kami sepakat untuk mengambil judul mensyukuri nikmat Allah. Ini sesuai dengan pelajaran PAI yang dipelajari di kelas 4.  Karena jam  masuk sekolah dilakukan dengan pertemuan tatap muka terbatas, yang mana siswa kelas 4 dilaksanakan pembelakaran dengan 2 sesi. Sesi ke satu jam 07.00-09.00 dan sesi kedua jam 09.00-11.00. Se hingga latihan dilaksanakan setelah sesi ke satu. Setiap hari kami latihan selama 1 jam. Guna mencapai hasil yang maksimal, selain latihan di sekolah, saya sarankan juga untuk latihan di rumah dengan arahan orang tua. 1 minggu berlalu dari latihan, saatnya seleksi di tingkat kecamatan. Alhamdulillah juara 1 dan mewakili Kecamatan Kendit untuk mengikuti seleksi di tingkat Kabupaten.

Adapun hambatan yang ada selama proses perekaman berlangsung, yaitu sering terjadinya kesalahan-kesalahan yang menyebabkan proses perekaman di ulang-ulang sampai beberapa kali. Ini dikarenakan grogi dan waktu yang terbatas untuk segera di selesaikan. Kami tidak putus asa untuk terus mencoba. Proses syuting kami jeda selama 2 hari. Kami melakukan latihan lebih serius lagi. Dua hari masa jeda sedah habis. Kami melakukan syuting lagi tentunya dengan persiapan yang lebih matang dari sebelumnya. Selama kurang lebih 2 jam lamanya. Berkat kerjasama tim yang baik akhirnya kami dapat menyelesaikan proses syuting tersebut dengan hasil yang memuaskan. Selanjutnya hasil rekaman video tersebut kami kiri ke panitia kabupaten situbondo. Selama 5 hari lamany a, akhirnya diputuskan 3 orang dari beberapa peserta untuk mengikuti seleksi tahap 2 secara tatap muka. Tentunya dengan tetap mematuhi protocol kesehatan yang berlaku. Alahakmdulillah Aziera menjadi salah satu peserta yang di pilih dewan juri untuk menampilkan pidatonya di tingkat kabupaten. Latihan dan  latihan terus kami lakukan. Apapun hasilnya, kami akan terima dengan lapang dada. Kami sudah semaksima mungkin memberikan penampilan terbaik untuk melaju ke tingkat provinsi bahkan goal kami adalah sebagai juara di tingkat nasional.

Hari rabu tanggal 15 September 2021 seleksi Pentas Pai tingkat Kabupaten Situbondo dilaksanakan. Saya sebagai koordinator di kecamatan kendit sekaligus Pembina Lomba Pidato PAI sangat optimis bisa mendapatkan juara sesuai target yang diinginkan. Karena segala sesuatunya sudah diperpersiapan dengan baik. Seleksipun dimulai pada jam 08.00. Selama kurang lebih 3 jam lamanya, sampailah pada saat pengumuman pemenang Dari penampilan yang telah maksimal akhirnya kami harus puas sebagai juara 3 lomba pidato PAI Pentas Pai Kabupaten Situbondo. Banyak hal yang bisa kami pelajari dan menjadi bahan evaluasi untuk lomba 2 tahun mendatang.  Semuga di tahun-tahun berikutnya kami SDN 1 Bugeman bisa memberikan prestasi yang lebih baik lagi.